Arman Blogger since 2010

Cara Membuat Tabel di Word

2 min read

Dalam pembuatan laporan, tugas atau skripsi seringkali kita menggunakan tabel dan grafik untuk menampilkan informasi atau data agar lebih mudah untuk dipahami.

Sebagian orang mungkin lebih suka membuat tabel di Excel karena kebutuhan yang lebih rinci dan lengkap, namun membuat tabel di Excel akan sedikit lebih rumit dibandingkan di word.

Untuk kebutuhan tabel standar tanpa perlu menjumlahkan angka-angka yang panjang dan menggunakan berbagai rumus seperti yang ada pada Excel maka membuat tabel di word mungkin pilihan yang lebih tepat.

Sebeleum kita lanjut sebaiknya kita ketahui dulu seperti apa sih itu tabel?

Jadi tabel itu setidaknya terdiri dari baris dan kolom, baris yang berjejer kebawah sedangkan kolom berjejer kesamping. sebagai contoh lihat tabel dibawah:

Perbedaan kolom dan baris

Ok, kita lanjut ke tutorial pembuatan tabel menggunakan Microsoft Office Word.

Membuat tabel di word 2007, 2010, 2013, 2016 atau di Ms Word terbaru akan ada perbedaan di letak menu dan fitur, namun secara umum caranya sama saja.

Cara Membuat Tabel di Word

Cara membuat tabel di word sebenarnya cukup mudah sekalipun kamu masih pemula menggunakan Ms word. Caranya sebagai berikut:

Cara pertama,

  1. Buka Ms Word
  2. Pilih Insert > Table
  3. Arahkan kursor mouse ke kotak-kotak kecil sesuai jumlah baris dan kolom yang ingin kamu buat
    cara membuat tabel di word
  4. Kemudian klik satu kali
  5. Tabel otomatis akan tampil di lembar kerja word

Jika jumlah baris dan kolom dirasa kurang, kamu bisa gunakan cara kedua dibawah ini.

Cara kedua,

  1. Pilih Insert
  2. Pilih Table
  3. Kemudian pilih Insert Table
  4. Kemudian isi pada bagian Number of columns jumlah kolom dan Number of rows jumlah baris
    cara membuat tabel

Cara ketiga, mengubah teks menjadi tabel.

Kamu bisa membuat tabel melaui teks yang sudah kamu ketik di word, caranya sebagai berikut:

  1. Blog semua teks yang akan dimasukkan kedalam tabel
  2. Pilih Insert > Table
  3. Kemudian pilih Convert Text to Table

Agar teks yang diubah menjadi tabel lebih maksimal, sebaiknya pastikan teks yang akan menjadi bagian dari setiap kolom di pisah menggunakan tombol tab, dan yang akan menjadi baris dipisah menggunakan Enter.

Cara Menambah Baris dan Kolom Tabel

Ada beberapa cara untuk menambah baris dan kolom pada tabel di word, diantaranya sebagai berikut:

Cara pertama, menambah baris dan kolom

  1. Arahkan mouse ke sudut kanan atas kolom,
  2. Kemudian akan tampil tanda plus (+)
  3. Klik tanda + untuk menambahkan satu kolom disebelahnya

Sebaliknya, untuk menambah baris

  1. Arahkan mouse ke sudut kiri bawah baris
  2. klik tanda + untuk menambahkan satu baris dibawahnya

Cara kedua, menyisipkan baris dan kolom

  1. Klik tabel
  2. Kemudian pilih tab Layout
  3. Arahkan kursor ke salah satu kolom atau baris
  4. Kemudian pilih salah satu pada area Rows & Columns

Berikut arti menu pada area Rows & Columns :

  • Insert Above untuk menambahkan satu baris diatasnya,
  • Insert Below untuk menambahkan satu baris dibawahnya,
  • Insert Left untuk menambahkan satu kolom di sebelah kiri dan
  • Insert Right untuk menambahkn satu kolom di sebelah kanan.

Cara ketiga, menggambar tabel

  1. Pilih tab Layout
  2. Pilih Draw Table
  3. Arahkan kursus ke area tabel yang ingin ditambahkan
  4. Kemudian klik 2x lalu tarik garis sesuai panjang yang kamu butuhkan

Cara Menghapus Baris dan Kolom

Untuk menghapus berberapa baris atau kolom, masuk ke tab Layout kemudian pilih Eraser. Cara menghapus klik kiri dan tahan kemudian arahkan kursor kebagain tabel yang akan dihapus dan lepas.

Mengubah Gaya Tabel

Agar tabel terlihat lebih menarik dan berwarna, kamu bisa mengkostumnya seperti menambahkan warna, mengganti border (garis) dan memilih template tabel yang sudah ada.

Caranya, klik tabel, kemudian masuk ke tab menu Design, disana terdapat beberapa menu untuk memodifikasi tabel, seperti menu Tabel style, Shading, Border style, Pen Color, Border Painter dll.

Penutup

Cara membuat tabel di word mungkin akan sedikit berbedea di setiap versi Ms Word, untuk tutorial diatas saya menggunakan Microsoft Office 2016.

Arman Blogger since 2010

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *