Microsoft Word merupakan software yang sudah sangat familiar dikalangan Pelajar dan Mahasiswa, pasalnya software ini yang paling umum digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas dari kampus dan sekolah.
Tugas seperti mid-semester, laporan, makalah hingga skripsi akan menjadi lebih mudah dan cepat dengan menggunakan Microsoft Office.
Apalagi kalau bukan karena banyaknya fitur-fitur yang menunjang pekerjaan menjadi semakin mudah. Salah satu fitur di word yang jarang diketahui adalah cara menggabungkan file word menjadi satu file.
Fitur gabungkan word ini sangat membantu jika kamu membuat tugas atau skripsi yang teridiri dari beberapa bagian BAB.
Kamu bisa membuat secara terpisah setiap BAB-nya, kemudian menggabungkan menjadi satu setelah seluruh BAB sudah selesai dikejakan.
Cara menggabungkan beberapa file dokumen word bisa dilakukan dengan mudah langsung dari Microsoft Word itu sendiri.
Cara Menggabungkan File Word
Sebenarnya ada dua cara untuk menggabungkan file word menjadi satu file yaitu secara offline langsung dari Microsoft Office Word dan online melalui website layanan merge dokumen.
1. Menggunakan Microsoft Office (offline)
Cara pertama ini merupakan cara yang paling simpel dan mudah untuk mengabungkan beberapa dokumen word menjadi satu, caranya sebagai berikut:
- Siapkan dokumen yang akan digabung
- Buka dokumen utama
- Pilih Insert > Object > Text form file
- Selanjutnya cari dokumen yang akan digabungkan kemudian pilih Insert, kamu dapat memilih beberapa file sekaligus
Dokumen kamu akan tergabung langsung pada dokumen utama pada posisi dimana kursor ketik aktif, jadi sebelum menggabungkan pastikan dulu letak dokumen yang akan digabungkan.
Misal dokumen utama adalah BAB 1 yang akan digabungkan dengan dokumen BAB 2, sebaiknya sebelum menggabung kedua file tersebut kamu tambahkan lembar kerja baru dibawah atau diakhir BAB 1.
Caranya, arahkan kursos mouse ke akhir dokumen BAB 1, kemudian pilih Instert > Page break.
Setelah itu akan muncul lembar kerja baru diakhir BAB 1, pada lembar inilah kamu masukkan dokumen BAB 2.
Keuntungan menggunakan Page Break ini adalah saat kamu mengedit dokumen BAB 1, seperti menghapus atau menambahkan sesuatu, posisi BAB 2 tidak akan bergeser atau bercampur dengn BAB 1.
Cara inililah yang sering saya gunakan jika membuat laporan yang sangat panjang agar dokumen tidak berantakan.
Baca juga : Cara Membuat Garis di Word
2. Menggabungkan Secara Online
Cara kedua ini adalah cara alternatif bila software Ms Word kamu bermasalah, atau kamu sedang menggunakan HP untuk menggabungkan file dokumen.
Cara menyatukan file dokumen secara online dengan mengunjugi website-website penyedia layanan merge file dokumen, salah satu diantaranya adalah docsoso.com.
- Buka situs docsoso.com
- Pilih Word Convert > Merge Word
- Pilih Select File kemudian pilih semua file word kamu yang akan digabungkan
- Klik Merge
- Terakhir klik Download
Penutup
Itulah dua cara menggabungkan beberapa file word menjadi satu file dokumen, jika ada yang belum dipahami silahkan tinggalkan pertanyaan dikolom komentar.